METROJAKARTA.WAHANANEWS.CO - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menyediakan layanan porter gratis di Stasiun Pasar Senen sebagai permohonan maaf kepada penumpang atas keterlambatan perjalanan kereta api.
Layanan ini melibatkan petugas porter stasiun dan 200 pegawai Daop 1 Jakarta dari berbagai tingkatan, mulai dari staf hingga Kepala Daerah Operasi yang turun langsung membantu penumpang saat jam istirahat pada Senin (3/2/2025).
Baca Juga:
Pasar Inpres Senen Blok VI Segera Dibangun
Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendri Wintoko, menyampaikan bahwa inisiatif ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada penumpang yang terdampak keterlambatan akibat gangguan perjalanan.
"Gangguan tersebut disebabkan oleh luapan air di jalur rel pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan, di lintas Semarang–Surabaya," kata Ixfan dilansir Kompas (3/2/2025).
Layanan porter gratis diberikan kepada penumpang KA 165 Dharmawangsa Ekspres rute Surabaya Pasarturi–Pasar Senen yang tiba di Stasiun Pasar Senen.
Baca Juga:
Pasar Senen Blok VI Dibangun, Perumda Pasar Jaya Minta Pedagang Setor Bukti Keseriusan
Hingga saat ini, tercatat sebanyak 304 calon penumpang telah melakukan pembatalan tiket untuk keberangkatan tanggal 3, 4, dan 5 Februari 2025.
Berikut rincian penumpang yang membatalkan tiket kereta api tersebut:
- Sebanyak 204 pembatalan tiket KA Bromo Anggrek rute Gambir–Surabaya Pasarturi
- Sebanyak 15 pembatalan tiket KA Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper rute Gambir–Surabaya Pasarturi
- Sebanyak 14 pembatalan tiket KA Sembrani rute Gambir–Surabaya Pasarturi
- Sebanyak 11 pembatalan tiket KA Sembrani Luxury rute Gambir–Surabaya Pasarturi.
Sementara itu, Executive Vice President Daop 1 Jakarta Yuskal Setiawan mengatakan, layanan porter gratis ini bertujuan untuk meringankan beban penumpang, terutama mereka yang membawa barang dalam jumlah banyak atau berat.
"Dengan adanya layanan porter gratis ini, kami berharap penumpang dapat merasa lebih nyaman dan puas menggunakan layanan kereta api. Ke depan, KAI akan terus berupaya meningkatkan pelayanan demi kepuasan pelanggan," paparnya.
Menurutnya, para penumpang menyambut baik inisiatif ini, terutama mereka yang membawa banyak barang.
"PT KAI Daop 1 Jakarta menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan dan memastikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi pelanggan," pungkas Yuskal.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Media sosial: @KAI121, Email: [email protected] WhatsApp: 0811-1211-1121.
[Redaktur: Sutrisno Simorangkir]